1.1 Pendahuluan
Saat ini computer dan piranti pendukungnya telah
masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan manusia. Computer yang ada
sekarang ini memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik
biasa. Diantaranya adalah system computer di kassa supermarket yang mampu
membaca kode barang belanjan, sentra telepon yang menangani jutaan panggilan
dan komunikasi, serta jaringan computer dan internet yang menghubngkan
keberbagai tempat di dunia.
1.2 Definisi Komputer
Komputer
adalah setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data dan menyimpan
data. Adapun bentuk keluaran (output)
yang dihasilkan dapat berupa teks, gambar, symbol, angka dan suara. Definisi
lain mengatakan bahwa computer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling
bekerja sama, dapat menerima data (input),
mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan
dimemeori computer.
Komputer berasal dari bahasa latin computare
yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer,
para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Beberapa definisi tentang komputer yang disajikan
oleh beberapa buku komputer adalah sebagai berikut :
a.
Menurut Hamacher: komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi
input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
b.
Menurut Blissmer: komputer
adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut
:
-
Menerima input.
-
Memproses input tadi sesuai dengan
programnya.
-
Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari
pengolahan.
-
menyediakan output dalam bentuk informasi.
c.
Sedangkan Fuori: berpendapat
bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan
besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
1.3 Penggolongan Komputer
Literatur terbaru tentang komputer, melakukan
penggolongan komputer berdasarkan empat hal yaitu :
-
Data yang diolah
-
Penggunaan komputer
-
Kapasitas dan ukuran komputer
-
Generasi komputer
1.3.1
Berdasarkan data yang diolah
Data yang diolah oleh computer jenisnya sangat
banyak. Ada data yang berupa gambar, suara, huruf, angka, symbol, ataupun yang
lainnya. Dalam hal ini tidak semua komputer bisa mengolah suara ataupun hanya
bisa mengolah gambar.atau huruf. Walaupun demikian, ada pula computer yang
bisas mengolah beberapa data secara bersamaan.
a.
Digital Komputer
Merupakan
suatu jenis computer yang bias digunakan untuk mengolah data yang bersifat
kwantatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital computer biadanya berupa
symbol yang mememiliki arti tertentu, misalnya symbol alpabetis yang di
gambarkan dengan hutuf A sampai dengan Z atau a sampai dengan z, simbolnumerik
yang digambarkan dengan angka 0 sampai dengan 9 ataupun symbol-simbol khusus,
seperti halnya ?/+*&!.
b.
Komputer Analog
Merupakan
suatu jenis computer yang bias digunakan unutk mengelola data kuantatif. Data
yang ada bukan merupakan symbol, tetapi masih meruoakan suatu keadaaan. Seperti
misalnya keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketingguan ataupun kecepatan
adalah merupakan suatukeadaan yang oleh computer kemudian ditetapkan sehingga
menjadi suatu ukuran.
Analog
bayak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannya untuk mengontrol ataupun
menghasilkan suatu produk. Pengertian computer analog lebih mendekati dengan
robotic ataupun mesin otomatis.
c.
Hibrid Komputer
Merupakan
jenis computer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantatif
ataupun kuantitatif. Computer jenis ini banyak digunakan oleh perlbagai rumah
sakit yang dibukan untuk memrika keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya,
computer bisa mengelurakan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar,
grafik ataupun tulisan.
1.3.2
Berdasarkan Penggunaannya
a.
General Purpose Computer
Sesuai
arti dari nama yang dimiliknya computer jenis ini bisa digunakan untuk
menyelesaikan aneka macam pekerjaan sesuai dengan program yang digunakan.
Computer yang scara umum kita temui dengan termasuk general-purpose computer.
b.
Special-purpose Computer
Special-purpose
computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus.
Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara
khusus dan disesuikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang
sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
Sebagai
contoh konfigurasu dari special purpose computer yang dugunakan pada system
computer berskala besar adalah front-and processor, yang digunakan untuk
mengontrol fungsi input dan output dari computer utama. Contoh lain dari
special purpose computer adalah back-end processor, yang mengambil data dari
storage serta meletakan dan mengaturnya kembali kedalam storage.
Dedicated processor juga merupakan special purpose
computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki
fungsi khusus. Deicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan
untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada
pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai
rumah sakit serta aneka video game
1.3.3
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
a.
Komputer Mikro (Personal Computer)
Komputer
mikro adalah jenis computer kecil yang dapat diletakkan di atas meja kerja atau
mudah dipindahkan, biasanya digunakan sebagai terminal yang terhubung ke dalam
system computer besar (network), termasuk dalam jenis ini adalah desktop
workstation, floorstanding (tower), laptop, notebook, subnotebook, pocket PC,
dan pen PC.
b.
Komputer Mini
Komputer
mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibandingkan dengan
personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-processor yang digunakn
untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika
dibandingkan dengan microprocessor yang digunakan pada personal computer.
Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil.
Computer
mini pada umumnya dapat digunakn untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi
user). Dalam system multi user ini, pada akhirnya personal computer banyak
digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukan data. Contoh compute
mini IBM AS-400.
c.
Komputer Mainframe
Ciri utama
yang membedakan pengertian antara mini computer dengan mainframe adalah,
mainframe memiliki prosesor lebih dari satu dengan demikian dari segi kecepatan
proses mainframe jauh lebih cepat dibanding dengan mini computer.
d.
Super Komputer
Sesuai
dengan namanya super computer memiliki ciri khas seperti kecepatan proses yang
tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila
dibanding dengan mainframe. Harga super computer sangatlah besar dan mahal.
Salah satu contoh computer adalah Cray-2. Pengguna super computer biasanya
berda pada Negara-negara yangsudah maju ataupun perusahaan perusahaan yang
sangat besar, seperti misalnya industry alat terbang.
1.3.4
Berdasarkan Generasinya
Generasi pertama dari computer, ditandai dengan
ditemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi ini
kemudian diganti dengan generasi transistor sehingga akhirnya timbul generasi
ke tiga dengan munculnya IC Chip. Kini banyak di perdebatkan apakah
mikroprosessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan kemampuan dari IC
Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi ke empat, atau kah masih tetap
pada generasi ke tiga.
Alasan yang mendukung adalah kemampuan dari mikro
prosessor jauh di atas IC Chip, sedangakn yang menolak mengatakan bahwa konsep
dasar mikro prossesor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari
kemampuan IC Chip belaka. Dengan demikian pada saat ini ada yang berpendapat
bahwa kita belum beranjak dari generasi ke tiga..
a.
Generasi Pertama (1946-1959)
Ciri-ciri
komputer generasi pertama :
-
Komponen yang digunakan adalah tabung hampa.
-
Program hanya didapat dalam bahasa mesin
-
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan
magnetic disk.
-
Ukuran fisik computer besar, memerlukan ruangan
yang luas
-
Cepat panas, sehingga memerlukan pendingin
-
Prosesnya kurang cepat dan simpanannya kecil.
-
Membutuhkan daya listrik yang besar
-
Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis
b.
Generasi Kedua (1959-1964)
Ciri
komputer generasi kedua :
-
Komponen yang digunak adalah transtistor
-
Program dapat dibuat dalam bahasa tingkat tinggi
(high level language) seperti fortan, cobol, algol.
-
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan
magnetic disk yang berbentuk removeable disk atau disk pack
-
Mempunyai kemampuan proses realtime dan time
sharing
-
Ukuran fisik computer lebih kecil dibandingkan
computer generasi pertama
-
Proses operasi cepat, dapat memproses jutaan
operasi pe detik
-
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
-
Orientasinya tidak hanya bisnis, tapi juga aplikasi
teknik
c.
Generasi Ke tiga (1964-1970)
Ciri
komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
-
Komponen yang digunakan adalah IC integrated Circuits
-
Peningkatan dari sofwarenya
-
Lebih cepat dan lebih tepat
-
Kapasitas memory lebih besar
-
Menggunakan simpanan luar disk magnetic yang
besifat random access
-
Penggunaan listrik lebih hemat dari generasi
sebelumnya
-
Memungkinkan multi processing dan multi programming
-
Harga semakin murah di bandingkan computer generasi
sebelumnya.
-
Kemampuan komunikasi data dari satu computer ke
computer lainnya
d.
Generasi Ke Empat (1970 s/d Sekarang)
Ciri
computer generasi ke empat sebagai berikut :
-
Pengunakan chip (pemadatan ribuan IC dalam satu
wadah) dengan teknologi LSI (Large Scale Integration) yang kemudian
dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
-
Menggunakan microprosessor dan semi konduktor untuk
memory computer (Internal Memory)
-
Memiliki kecepatan yang tinggi
-
Kapasitas memori yang jauh lebih besar.
e.
Generasi Ke Lima
Mendefiniskan
computer generasi ke lima menjadi cukup sulit karena tahap ini msih sangat
muda. Contoh imanjinatif computer generasi ke lima adalah computer fiksi
HAL9000 dari novel karya Arthur C Clarke berjudul 2001 : space odyssey. HAL
menampilkan seluruh fungsi yang di inginkan dari sebuah computer generasi ke
liama dengan kecerdasan buatan (artificial intellegence), HAL dapat cukup
memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan visual
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Banyak
kemajuan dibidang desain computer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan
computer generasi ke lima. Dua kemajuan rekayasa yang utama adalah kemampuan
pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non
Neumann akan digantikan dengen system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU
untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan
lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah Negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek computer
generasi ke lima. Lembaga ICOT (Institute For New Computer Technology) juga
dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan proyek ini
gagal, tapi banyak informasi lain keberhasilan generasi ke lima akan membawa
perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
f.
Komputer generasi yang akan datang
Pada masa
yang akan datang, telah dirancang computer portable yang lebih praktis
dibandingkan dengan computer portable yang ada saat ini. Computer yang
dirancang dengan bentuk seperti pena, dapat disimpan disaku dan dibawa kemana
saja, serta daya komputasi yang tidak kalah canggih dengan computer ukuran
besar. Computer ini disebut PEN PC.
Pada tahun
2020, diperkirakan keyboard fisik dan monitor akan menjadi sejarah dimasa lalu,
PEN PC akan menjadi yang paling terkenal sebagai computer portable. Task yang
dipermudah dengan danya teknologi ini adalah : 1) memudahkan pengguna untuk
membawa PEN PC kemana saja tanpa merasa kesusahan, 2) daya penyimpananpun lebih besar,
dibandingkan dengan harddisk saat ini, 3) apabila PEN PC hilang, kita tidak
perlu khawatir, data tidak dapat diakses orang lain, ini karena adanya e-fingerprinting.
PEN PC
memiliki daya isi ulang litium-ion dan berisi perangkat penyimpan dengan
menggunakan tabung hologram. Computer ini mampu menyimpan hingga tera bite
data, jauh melebihi kapasitas hardisk saat ini. Cara menggunakan PEN PC dengan
infra merah, PEN PC memproyeksikan layar pada dinding yang kita inginkan, serta
memproyeksikan keyboard berukuran penuh kesemua permukaan datar. Saat kita
mengetik pada proyeksi laser, untuk menganalisis apa yang kita ketik, dapat
menggunakan koordinat lokasi pada virtual keyboard yang disesuaikan untuk
berbagai ukuran.
Adanya
e-fingerprinting, memungkinkan hanya pemilik yang dapat mengaktifkan PEN PC,
sehingga jika kita kehilangan PEN PC, maka tidak akan ada orang yang dapat
mengkases data selain pemiliknya sendiri. Dalam hal pemulihan data kita dapat
backup seluruh data, pada sebuah jam tangan yang dilengkapi dengan unit
penyimpanan holographic. Teknologi transfer data dari PEN PC untuk jam tangan
dapat dilakukan dengan menggunakan wireless Bluetooth.
Fingerprinting
(traitor-tracing); yaitu watermarking dapat digunakan sebagai metode untuk
penyebaran citar digital yang sudah diberi watermark yang berbeda-beda untuk
setiap distributor, seolah-olah cetak jari distributor terekam dalam citra.
Karena watermark tersebut juga bisa berlaku sebagai copyright, maka setiap
distributor terikat aturan bahwa ia tidak boleh menggandakan citra tersebut dan
menjualnya kepihak lain. Misalkan sang pemiliki citra asli menemukan citra
ber-watermark karyanya beredar secara illegal, ditangan pihak lain, maka sang
pemilik citra bisa mengetahui pihak distributor mana yang melakukan penggandaan
citra tersebut dengan mengekstraksi watermark dalam citra illegal tersebut
(Arius, 2006). Watermarking pada data digital merupakan teknologi untuk memberikan
perlindungan dan membuktikan hak kepemilikan ataupun keaslian atas karya
digital, mendeteksi copi yang sah, mengatur penggunaan data yang sah dan
menganalisis penyebaran data melalui jaringan dan server.
Bluetooth
adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang broprasi dalam
pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (industrial, Scientific an Medical)
dengan menggunakan sebuah frequency
hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan
suara secara real-time antara host-host buletooth dengan jarak jangkauan
layanan yang terbatas (10 meter).
Keyboard virtual adalah keyboard yang dapat
diproyeksikan pada sebuah permukaan datar, keunggulannya yaitu, dapat
melindungi pembacaan simbol yang dimasukan melalui software.
1.4 Sejarah Komputer dan PC
Saat ini computer dan piranti pendukungnya telah
masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang
memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matimatika biasa.
Diantaranya adalah system computer di kassa supermarket yang mampu membaca kode
barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan pangilan dan
komunikasi, computer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Alat-alat pengolah data dari sejaka jaman purba
sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar yaitu :
a. Peralatan
manual : yaitu pealatan pengelohan data yang sangat sederhana, dan factor
terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
b. Peralatan
mekanik : yaitu pealatan yang sudah benentuk mekanik yang digerakkan dengan
tangan secara manual.
c. Peralatan
mekanik elektonik: peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh
motor elektonik.
d. Peralatan
elektronik : peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Secara singkat secara computer dan PC adalah
sebagai berikut :
a. Pra-1600 :
dimulai pada masa menggunakan Abacus sebagai :
-
Merupakan Kalkulator personal yang pertama
-
Memperkenalkan posisi angka dalam perhitungan
b. Abad
12 : Muhammad Ibn Musa Al’Khowarizmi :
-
Menuliskan suatu proses yang diikuti keterantang
tentang tujuannya, merupakan cikal bakal cara penulisan program
-
Memperkenalkan Algoritma
c. 1600-1940
: Era Mekanis , John Napier (1612) mengembangkan:
-
Mathematician, mengembangkan logaritma
-
Membuat mesin perkalian
d. Willian Oughtred
(1622) :
-
Menemukan slide rule
-
Berbasis pada Algoritma Napier
-
Digunakan pada scientist dan Engineers sampai
pertengahan 1900
e. Wilhelm
Schickhard (1623)
-
Astronom dan Mathematician
-
Menjelaskan cara kerja suatu mesin yang secara
otomatis dapat melakukan operasi penjumalahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian
f.
Blaise Pascal (1642)
-
Mathematician
-
Memproduksi suatu mesin hitung secara masal
-
Hanya dapat melakukan operasi penjumlahan dan
pengurangan
g. Gottfried
Liebniz (1673)
-
Mathematician
-
Mengembangkan mesin Pascal
-
Penjumalah, perkalian, dan pembagian
h. Charles
Babbage (1822)
-
Mathematician, Bapak “Komputer Modern”
-
Menginginkan akurasi dalam perhitungan
-
Membuat mesin pengurang
-
Membuat tabel kimputasi matematik
-
Membuat mesin analis
-
Melakukan berbagai operasi penghitungan
-
Menemukan punch card
-
Menciptakan struktur modern dari I/O, Storage, ALU
-
Operasi penjumlahan dalam 1 detik perkalian dalam 1
menit
0 komentar:
Posting Komentar