Selasa, 13 Januari 2015

BAB 1 PENGENALAN KOMPUTER

1.1  Pendahuluan
Saat ini computer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan manusia. Computer yang ada sekarang ini memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah system computer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjan, sentra telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, serta jaringan computer dan internet yang menghubngkan keberbagai tempat di dunia.
1.2  Definisi Komputer
Komputer adalah setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data dan menyimpan data. Adapun bentuk keluaran (output) yang dihasilkan dapat berupa teks, gambar, symbol, angka dan suara. Definisi lain mengatakan bahwa computer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan dimemeori computer.

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa buku komputer adalah sebagai berikut :

a.  Menurut Hamacher: komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

b.  Menurut Blissmer: komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
-   Menerima input.
-   Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
-   Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
-   menyediakan output dalam bentuk informasi.

c.  Sedangkan Fuori: berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

1.3  Penggolongan Komputer
Literatur terbaru tentang komputer, melakukan penggolongan komputer berdasarkan empat hal yaitu :
-     Data yang diolah
-     Penggunaan komputer
-     Kapasitas dan ukuran komputer
-     Generasi komputer
1.3.1   Berdasarkan data yang diolah
Data yang diolah oleh computer jenisnya sangat banyak. Ada data yang berupa gambar, suara, huruf, angka, symbol, ataupun yang lainnya. Dalam hal ini tidak semua komputer bisa mengolah suara ataupun hanya bisa mengolah gambar.atau huruf. Walaupun demikian, ada pula computer yang bisas mengolah beberapa data secara bersamaan.
a.    Digital Komputer
Merupakan suatu jenis computer yang bias digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital computer biadanya berupa symbol yang mememiliki arti tertentu, misalnya symbol alpabetis yang di gambarkan dengan hutuf A sampai dengan Z atau a sampai dengan z, simbolnumerik yang digambarkan dengan angka 0 sampai dengan 9 ataupun symbol-simbol khusus, seperti halnya ?/+*&!.
b.    Komputer Analog
Merupakan suatu jenis computer yang bias digunakan unutk mengelola data kuantatif. Data yang ada bukan merupakan symbol, tetapi masih meruoakan suatu keadaaan. Seperti misalnya keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketingguan ataupun kecepatan adalah merupakan suatukeadaan yang oleh computer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.
Analog bayak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian computer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.
c.    Hibrid Komputer
Merupakan jenis computer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantatif ataupun kuantitatif. Computer jenis ini banyak digunakan oleh perlbagai rumah sakit yang dibukan untuk memrika keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, computer bisa mengelurakan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
         1.3.2    Berdasarkan Penggunaannya
a.    General Purpose Computer
Sesuai arti dari nama yang dimiliknya computer jenis ini bisa digunakan untuk menyelesaikan aneka macam pekerjaan sesuai dengan program yang digunakan. Computer yang scara umum kita temui dengan termasuk general-purpose computer.
b.    Special-purpose Computer
Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
Sebagai contoh konfigurasu dari special purpose computer yang dugunakan pada system computer berskala besar adalah front-and processor, yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari computer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakan dan mengaturnya kembali kedalam storage.

Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Deicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game
           1.3.3    Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
a.    Komputer Mikro (Personal Computer)
Komputer mikro adalah jenis computer kecil yang dapat diletakkan di atas meja kerja atau mudah dipindahkan, biasanya digunakan sebagai terminal yang terhubung ke dalam system computer besar (network), termasuk dalam jenis ini adalah desktop workstation, floorstanding (tower), laptop, notebook, subnotebook, pocket PC, dan pen PC.
b.    Komputer Mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-processor yang digunakn untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan microprocessor yang digunakan pada personal computer. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil.
Computer mini pada umumnya dapat digunakn untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam system multi user ini, pada akhirnya personal computer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukan data. Contoh compute mini IBM AS-400.
c.    Komputer Mainframe
Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini computer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki prosesor lebih dari satu dengan demikian dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat dibanding dengan mini computer.
d.    Super Komputer
Sesuai dengan namanya super computer memiliki ciri khas seperti kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan mainframe. Harga super computer sangatlah besar dan mahal. Salah satu contoh computer adalah Cray-2. Pengguna super computer biasanya berda pada Negara-negara yangsudah maju ataupun perusahaan perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industry alat terbang.
           1.3.4    Berdasarkan Generasinya
Generasi pertama dari computer, ditandai dengan ditemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi ini kemudian diganti dengan generasi transistor sehingga akhirnya timbul generasi ke tiga dengan munculnya IC Chip. Kini banyak di perdebatkan apakah mikroprosessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan kemampuan dari IC Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi ke empat, atau kah masih tetap pada generasi ke tiga.

Alasan yang mendukung adalah kemampuan dari mikro prosessor jauh di atas IC Chip, sedangakn yang menolak mengatakan bahwa konsep dasar mikro prossesor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan IC Chip belaka. Dengan demikian pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita belum beranjak dari generasi ke tiga..

a.   Generasi Pertama (1946-1959)
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
-   Komponen yang digunakan adalah tabung hampa.
-   Program hanya didapat dalam bahasa mesin
-   Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
-   Ukuran fisik computer besar, memerlukan ruangan yang luas
-   Cepat panas, sehingga memerlukan pendingin
-   Prosesnya kurang cepat dan simpanannya kecil.
-   Membutuhkan daya listrik yang besar
-   Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis
b.   Generasi Kedua (1959-1964)
Ciri komputer generasi kedua :
-   Komponen yang digunak adalah transtistor
-   Program dapat dibuat dalam bahasa tingkat tinggi (high level language) seperti fortan, cobol, algol.
-   Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removeable disk atau disk pack
-   Mempunyai kemampuan proses realtime dan time sharing
-   Ukuran fisik computer lebih kecil dibandingkan computer generasi pertama
-   Proses operasi cepat, dapat memproses jutaan operasi pe detik
-   Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
-   Orientasinya tidak hanya bisnis, tapi juga aplikasi teknik
c.    Generasi Ke tiga (1964-1970)
Ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
-   Komponen yang digunakan adalah IC integrated Circuits
-   Peningkatan dari sofwarenya
-   Lebih cepat dan lebih tepat
-   Kapasitas memory lebih besar
-   Menggunakan simpanan luar disk magnetic yang besifat random access
-   Penggunaan listrik lebih hemat dari generasi sebelumnya
-   Memungkinkan multi processing dan multi programming
-   Harga semakin murah di bandingkan computer generasi sebelumnya.
-   Kemampuan komunikasi data dari satu computer ke computer lainnya
d.   Generasi Ke Empat (1970 s/d Sekarang)
Ciri computer generasi ke empat sebagai berikut :
-   Pengunakan chip (pemadatan ribuan IC dalam satu wadah) dengan teknologi LSI (Large Scale Integration) yang kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
-   Menggunakan microprosessor dan semi konduktor untuk memory computer (Internal Memory)
-   Memiliki kecepatan yang tinggi
-   Kapasitas memori yang jauh lebih besar.
e.   Generasi Ke Lima
Mendefiniskan computer generasi ke lima menjadi cukup sulit karena tahap ini msih sangat muda. Contoh imanjinatif computer generasi ke lima adalah computer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C Clarke berjudul 2001 : space odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang di inginkan dari sebuah computer generasi ke liama dengan kecerdasan buatan (artificial intellegence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Banyak kemajuan dibidang desain computer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan computer generasi ke lima. Dua kemajuan rekayasa yang utama adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengen system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah Negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek computer generasi ke lima. Lembaga ICOT (Institute For New Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan proyek ini gagal, tapi banyak informasi lain keberhasilan generasi ke lima akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
f.     Komputer generasi yang akan datang
Pada masa yang akan datang, telah dirancang computer portable yang lebih praktis dibandingkan dengan computer portable yang ada saat ini. Computer yang dirancang dengan bentuk seperti pena, dapat disimpan disaku dan dibawa kemana saja, serta daya komputasi yang tidak kalah canggih dengan computer ukuran besar. Computer ini disebut PEN PC.
Pada tahun 2020, diperkirakan keyboard fisik dan monitor akan menjadi sejarah dimasa lalu, PEN PC akan menjadi yang paling terkenal sebagai computer portable. Task yang dipermudah dengan danya teknologi ini adalah : 1) memudahkan pengguna untuk membawa PEN PC kemana saja tanpa merasa kesusahan,  2) daya penyimpananpun lebih besar, dibandingkan dengan harddisk saat ini, 3) apabila PEN PC hilang, kita tidak perlu khawatir, data tidak dapat diakses orang lain, ini karena adanya e-fingerprinting.
PEN PC memiliki daya isi ulang litium-ion dan berisi perangkat penyimpan dengan menggunakan tabung hologram. Computer ini mampu menyimpan hingga tera bite data, jauh melebihi kapasitas hardisk saat ini. Cara menggunakan PEN PC dengan infra merah, PEN PC memproyeksikan layar pada dinding yang kita inginkan, serta memproyeksikan keyboard berukuran penuh kesemua permukaan datar. Saat kita mengetik pada proyeksi laser, untuk menganalisis apa yang kita ketik, dapat menggunakan koordinat lokasi pada virtual keyboard yang disesuaikan untuk berbagai ukuran.
Adanya e-fingerprinting, memungkinkan hanya pemilik yang dapat mengaktifkan PEN PC, sehingga jika kita kehilangan PEN PC, maka tidak akan ada orang yang dapat mengkases data selain pemiliknya sendiri. Dalam hal pemulihan data kita dapat backup seluruh data, pada sebuah jam tangan yang dilengkapi dengan unit penyimpanan holographic. Teknologi transfer data dari PEN PC untuk jam tangan dapat dilakukan dengan menggunakan wireless Bluetooth.
Fingerprinting (traitor-tracing); yaitu watermarking dapat digunakan sebagai metode untuk penyebaran citar digital yang sudah diberi watermark yang berbeda-beda untuk setiap distributor, seolah-olah cetak jari distributor terekam dalam citra. Karena watermark tersebut juga bisa berlaku sebagai copyright, maka setiap distributor terikat aturan bahwa ia tidak boleh menggandakan citra tersebut dan menjualnya kepihak lain. Misalkan sang pemiliki citra asli menemukan citra ber-watermark karyanya beredar secara illegal, ditangan pihak lain, maka sang pemilik citra bisa mengetahui pihak distributor mana yang melakukan penggandaan citra tersebut dengan mengekstraksi watermark dalam citra illegal tersebut (Arius, 2006). Watermarking pada data digital merupakan teknologi untuk memberikan perlindungan dan membuktikan hak kepemilikan ataupun keaslian atas karya digital, mendeteksi copi yang sah, mengatur penggunaan data yang sah dan menganalisis penyebaran data melalui jaringan dan server.
Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang broprasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (industrial, Scientific an Medical) dengan menggunakan sebuah frequency  hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host buletooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (10 meter).

Keyboard virtual adalah keyboard yang dapat diproyeksikan pada sebuah permukaan datar, keunggulannya yaitu, dapat melindungi pembacaan simbol yang dimasukan melalui software.

1.4  Sejarah Komputer dan PC
Saat ini computer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matimatika biasa. Diantaranya adalah system computer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan pangilan dan komunikasi, computer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Alat-alat pengolah data dari sejaka jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar yaitu :
a.  Peralatan manual : yaitu pealatan pengelohan data yang sangat sederhana, dan factor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
b.  Peralatan mekanik : yaitu pealatan yang sudah benentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
c.  Peralatan mekanik elektonik: peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektonik.
d.  Peralatan elektronik : peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Secara singkat secara computer dan PC adalah sebagai berikut :
a.  Pra-1600 : dimulai pada masa menggunakan Abacus sebagai :
-   Merupakan Kalkulator personal yang pertama
-   Memperkenalkan posisi angka dalam perhitungan
b.  Abad 12  : Muhammad Ibn Musa Al’Khowarizmi :
-   Menuliskan suatu proses yang diikuti keterantang tentang tujuannya, merupakan cikal bakal cara penulisan program
-   Memperkenalkan Algoritma
c.  1600-1940 : Era Mekanis , John Napier (1612) mengembangkan:
-   Mathematician, mengembangkan logaritma
-   Membuat mesin perkalian
d.  Willian Oughtred (1622) :
-   Menemukan slide rule
-   Berbasis pada Algoritma Napier
-   Digunakan pada scientist dan Engineers sampai pertengahan 1900
e.  Wilhelm Schickhard (1623)
-   Astronom dan Mathematician
-   Menjelaskan cara kerja suatu mesin yang secara otomatis dapat melakukan operasi penjumalahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
f.   Blaise Pascal (1642)
-   Mathematician
-   Memproduksi suatu mesin hitung secara masal
-   Hanya dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
g.  Gottfried Liebniz (1673)
-   Mathematician
-   Mengembangkan mesin Pascal
-   Penjumalah, perkalian, dan pembagian
h.  Charles Babbage (1822)
-   Mathematician, Bapak “Komputer Modern”
-   Menginginkan akurasi dalam perhitungan
-   Membuat mesin pengurang
-   Membuat tabel kimputasi matematik
-   Membuat mesin analis
-   Melakukan berbagai operasi penghitungan
-   Menemukan punch card
-   Menciptakan struktur modern dari I/O, Storage, ALU

-   Operasi penjumlahan dalam 1 detik perkalian dalam 1 menit

0 komentar:

Posting Komentar