2.1 PENDAHULUAN
Istilah
komputer digunakan untuk menggambarkan suatu peralatan yang terdiri dari
kombinasi komponen elektonik dan elektomekanikal (sebagai elektronik dan sebagai mekanik). Dengan
demikian, komputer tidak memiliki intelejensi dan merupakan siuatu perangkat
keras, yan ebrarti peralatan fisik. Suatu sistem komputer adalah kombinasi dari
enam elemen : (1) perangkat keras (Hardware),
(2) perangkat lunak (Software), (3)
data/informasi, (4)prosedur, (5) Manusia (people),
dan (6) komunikasi.
2.2 SISTEM KOMPUTER
Tujuan
pokok dari sistem komputer adalah mengelola data untuk menghasilkan informasi
serhingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software),
dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri,
perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan
proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam pengoperasian
serta mengatus sistem komputer.
2.3 STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUER
Struktur
komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait.
Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen
sebagai bagian dari sturktur. Fungsi dari masing-masing komponen adlah sebagai
berikut :
1. input Device (Alat Masukan) adalah perangkat keras komputer yeng berfungsi sebagai alat
untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer.
2. Output Device (Alat Keluaran) Adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi untuk menampilka keluaran sebagai hasil
pengeolaan data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas), soft-copy (ke monitor)
atupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem.
4. CPU (Central Processing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan
memiliki dua begian fungsi operasional,yaitu : ALU (Arithmetical Logical Unit)
sebagai pusat pengelolaan data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontor kerja
komputer.
5. Memory terbagi
menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal
berupa RAM (Random Acces Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang
kita oalh sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya
bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan.
6. Data Bus Adalah
jalur-jalur perpindahan antara modul dalam sistem komputer karena pada suatu
saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit saat.
7. Address Bus digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.
8. Control Bus, Control
Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address
Bus.
2.4 INPUT DEVICE
Input
device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan
dapat berupa signal input dan maintenance input. Didalam sistem komputer,
signal input berupa data yang dimasukkan kedalam sistem komputer sedangkan
maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengelola data yang
dimasukkan.
Beberapa
alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga
berfungsi sebagai alat output sekaligus.
Terminal
dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart
terminal, dan intelligent terminal. non intelligent terminal berfungsi sebagai
alat memasukkan input dan penampil output. Smart terminal mempunyai alat proses
dan memori didalam nya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat di
koreksi kembali. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.
2.4.1
Penggunaan Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di
ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar perancangannya dibuat dan
dipatenkan oleh Charistopher Latham pada
tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan
dari kartu berlubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulusan jarak jauh
(Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC manggunakan pembaca kartu pembuat lubang
(punched card reader) sebagai dalt input dan output.
Pada keyboard terdapat tombol-tombol
huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter
khusus seperti: ‘ ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; ” ’ \, tombol fungsi (F1 – F12), serta
tombol-tombol khusus lainnya jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.
2.4.2
Penggunaan Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer)
yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakan kemana saja berdasarkan
arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan
mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse,maka akan terlihat 2 pengendali
gerak di dalamnya. Yaitu searah horisontal (mendatar) dan vertikal (atas dan
bawah).
Jika kita gerakan secara horisontal
maka penunjuk akan bergerak horisontal saja, jika kitagerakan secara vertikal
maka penunjuk hanya bergerak vertikal saja, jika keduanya kita gerakkan maka
pergerakan penunjuk akan menjadi diagonal.
Dalam penggunaan mouse juga kita
kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan
tombol paling kiri tanpa melepasnya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya
objek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke objek lain dan
terdapat kemungkinan lainnya.
2.4.3
Penggunaan Scanner
Scanner adalah suatu alat elektonik
yang fungsinya mirip dengan mesin fotocopy. Mesin fotocopy hasilnya bisa
langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar
monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifkasi sehingga
tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file
text, dokumen, dan gambar.
Cara kerja Scanner:
Ketika anda
menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
1.
Penekanan
tombol mouse dari komputer menggerakan pengendali kecepatan pada mesin scanner.
2.
Kemudia
unit scanner menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai
untuk langsung memulai scanner.
3.
Nyala
lampu yeng terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai
dilakukan.
4.
Setelah
nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scanning sudah selesai dan hasilnya
dapat dilihat pada layar monitor.
5.
Apa
bila hasil atau tampilan text/gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya
dengan mengguakan software-software
aplikasi yang ada.
2.4.4
Digital Camera
Salah satu input device yang sedang
marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat
lebih mudah memasukkkan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif
cukup besar, kedalam komputer kita.
2.4.5
Mic (Microphone)
Mic digunakan memasukkan input berupa
suara. Pengguna mic memerlukan perangkat keras berupa sound card, dan speaker
untuk mendengar hasil rekaman suara.
2.1 OUTPUT DEVICE
Output yang
dihasilkan dari proses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan
(huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara,
dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form)
Peralatan
output dapat berupa:
a.
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada media kertas separti kertas atau film.
b.
Soft-copy devece, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
c.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk
yang hanya dibaca oleh mesin pada media seperti magnetik disk atau magnetik
tape.
2.5.1
Printer dan Ploter
Printer
dan Ploter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses cetak di
atas kertas.
2.5.2
Monitor
Monitor
adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adlah berupa
signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil dilayar monitor.
2.5.3
Infocus
Infokus
adalah alat untuk menampilkan menampilkan gambar/visual hasil pemroresan data.
Hanya saja infocus media pembantu untuk gambar yang dipancarkan melalui cahaya
seperti dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
2.6 CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU merupakan tempat pemroses
instruksi-instruksi program, pada komputer micro disebut dengan micro-processor
(pemroses mikro).
2.6.1
CU (Control Unit)/Unit Kendali
Unit
ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem
komputer.
Tugas dari unit kendali adalah:
a. Mengatur dan mengendalikan alat –alat
input dan output.
b. Mengambil instruksi-instruksi dari
memori utama.
c. Mengambil data dari memori utama
(jika diperlukan) untuk proses.
d. Mengrim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
e. Menyimpan hasil proses ke memori
utama.
2.6.2
ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Tugas
utama dari ALU adalah melakukan semua operasi aritmatika (Matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=),
tidak samadengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih
besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥).
2.6.3
Registern
Register
merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi
yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk proses masih
disimpan didalam memori utama.
Ada 3 macam memori yang dipergunakan didalam sistem
komputer, yaitu:
1.
Register
2.
Main memory
3.
Secondary storage
Dibawah ini adalah garis besar dari register yang terdapat
pada CPU, yaitu:
1. Instruction Register (IR) digunakan
untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter (PC) adalah register
yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi
instruksi yang sedang diproses.
3. General Purpose Register, yaitu
register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang
diproses.
4. Memory Data Register (MDR) digunakan
untuk menampung data dan instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau menampung data yang akan direkam ke memori utam dari hasil pengelolahan
oleh CPU.
5. Memory Address Register (MAR)
digunakan untuk menampung alamat data
atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
2.6.4
Array Processor
Array
Processor yaitu unit tambahan untuk mempercepat proses perhitungan. Namun unit
ini tidak dipergunakan lagi, dikarnakan pemroses micro yang ada sudah mampu
manangani perhitungan dengan kemampuan den kecepatan yang sangat tinggi.
2.7 MEMORI
2.7.1
RAM (Random Access Memory)
Struktur RAM terbagi
menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input storage, digunakan untuk
menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program storage, digunakan untuk menyimpan
semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working storage, digunakan untuk
menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output storage, digunakan untuk menampung
hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
2.7.2
ROM (Read Only Memory)
Dari
namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga program tidak bisa mengisi sesuatu
kedalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang
terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer. Proses
mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang berupa cold
booting atau warm booting.
Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem
komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik
komputer mati (off) menjadi hidup (on). Sedangkan Warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program
bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tombol pada papan
ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan
Del.
2.8 BUS
Hubungan
antara CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O)
dilakukan melalui suatu jalur yang disebut dengan BUS. BUS merupakan suatu sirkuit
yang merupakan jalur transportasi informasi antara dua atau alat-alat dalam
sistem komputer. BUS yang menghubungkan antara CPU dengan memori utama disebut
Internal BUS, sedangkan yang menghubungkan CPU dengan alat-alat (I/O) disebut
External BUS.
2.9 PEMRORESAN INSTRUKSI
Jika
program menginginkan CPU untuk mengerjakan sesuatu, maka harus ditulis suatu
instruksi yang dapat dipahami oleh CPU. Kumpulan instuksi ini yang disebut
dengan program.
Tahap
pertama dari pemprosesan suatu instruksi oleh CPU disebut instruction fetch, yaitu proses CPU mengambil atau
membawa instruksi dari memori utam ke CPU. Tahap kedua disebut instruction
execute, yaitu proses dari CPU untuk mengerjakan instruksi yang sudah diambil
dari memori utama dan sudah berada di IR register.
Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan waktu pertama disebut waktu
instruksi (instruction time), dan Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
waktu kedua yaitu waktu eksekusi (execution
time). Sedangkan total waktu yang dibutuhkan untuk kedua tehap tersebut
dinamakan waktu siklus (cycle time).
2.10 MEDIA PENYIMPANAN (MEMORI) EKSTERNAL
Memori
eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan
dan penyimpanan data, diluar komponen utama yang telah disebutkan diatas.
RPM (Rotation
Per Minute) yaitu satuan rotasi piringan. Semakin cepat perputaran, waktu
aksespun semakin cepat, namun semakin besar juga tekanan terhadap piringan
sehingga semakin besar panas yang dihasilkan.
Untuk media
kapasitas besar dikenal beberapa sistem yang ukuran RPM nya sebagai berikut:
1. 3600 RPM Pre-IDE
2. 5200 RPM IDE
3. 5400 RPM IDE/SCSI
4. 7200 RPM IDE/SCSI
5. 10000 RPM SCSI
2.10.1
Floppy Disk
Floppy
Disk Drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan
3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High
Density (HD). Floppy Disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan
1.2 Mbytes (untuk HD). Sedang Floppy disc 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk
DD) dan 1.44 Mbytes (untuk HD).
2.10.2
ZIP Drive
Keterbatasan
kapasitas dari floopy disk mendorong lehirnya teknologi baru yang disebut
dengan lomega ZIP Drive, yang mampu menampung sampai hampir 100MB data.
2.10.3
Harddisk
Hardisk
memiliki komponen-komponen yang berupa piringan logam (platter), head,
rangkaian elektronik, rangakaian penguat, DSP (Digital Signal Processor), chip
memory, konektor, spindle, dan actuator arm motor controller. Kapasitas Harddisk
bermacam-macam, mulai dari ukuran Mbytes sampai dengan Gbytes.
2.10.4
CD-ROM
Mulai
dari tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai di perkenalkan
dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah tercipta
media penyimpanan pada optical disc.
CD-ROM
terbuat dari resin (Polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif
seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang
mikroskopis peda permukaan yang reflektif. Kapasitas penyimpanan puncukup
besar, yaitu 650 Mbytes.
2.10.5
DVD (Digital Versatile Disc)
DVD
adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media
optical disc. DVD memiliki kapasitas hingga 9 Gbytes.
Perbandingan kecepatan antara CD dan DVD
DVD drive
speed
|
Data rate
|
Equivalent
CD rate
|
Actuel CD
speed
|
1x
|
11.08 Mbps (1.32 MB/s)
|
9x
|
8x-18x
|
2x
|
22.16
Mbps (2.64 MB/s)
|
18x
|
20x-24x
|
4x
|
44.32 Mbps (5.28 MB/s)
|
36x
|
|
5x
|
55.40 Mbps (6.60 MB/s)
|
45x
|
24x-32x
|
6x
|
66.48 Mbps (7.93 MB/s)
|
54x
|
24x-32x
|
8x
|
88.64 Mbps (10.57 MB/s)
|
72x
|
|
10x
|
110.80 Mbps (13.21 MB/s)
|
90x
|
32x-40x
|
16x
|
177.28 Mbps (21.13 MB/s)
|
144x
|
32x-40x
|
DVD menyediakan format
yang dapat ditulis satu kali atupun lebih, yang desebut dengan Recordable DVD,
dan memilik 6 macam versi, yaitu:
a) DVD-R for General, hanya sekali
penulisan
b) DVD-R for Authoring, hanya sekali
penulisan
c) DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali
d) DVD-RW, dapat ditulis berulang kali
e) DVD+RW, dapat ditulis berulang kali
f) DVD+R, hanya dapat ditulis sekali
2.10.6
Flashdisk/USB Drive
2.10.6.1
Sejarah dan kontroversi penciptaan
USB Flash
USB
flash drive diciptakan oleh Amir Ban,
Dov Moran, dan Oron Ogdan, semua perusahaan Israel M-Systems, yang
mengajukan paten AS 6.148.354 pada
bulan April 1999, paten ini menggambarkan produk yang memiliki kabel antara
memori unit dan konektor USB.
2.10.6.2
Penjualan pertama produk USB Drive
Terk
teknologi dan IMB mulai menjual USB drive pertama flashdisk secara komersial
pada tahun 2000.
Pada
tahun 2000 Lexar mamperkenalkan compect flash (CF) card dengan koneksi USB, dan
kartu pendamping baca/penulis dan kabel USB yang menghilangkan kebutuhan untuk
hub USB.
2.10.6.3
Generasi kedua dan ketiga pada
Flashdisk
Generasi kedua Flasdisk
Flash
drive modern memiliki konektivitas USB 2.0. Namun, saat ini tidak menggunakan
full 480 Mbit/s (60 MB/s) dimana USB 2.0 Hi-Speed spesifkasi medukung karena
keterbatasan teknis yang melekat dalam flash NAND.
Generasi ketiga Flashdisk
USB
3.0 menawarkan peningkatan dramatis tingkat transfer data dibandingkan dengan
pendahulunya. USB 3.0 diumumkan pada akhir tehun 2008, namun konsumen
perangakat tidak tersedia sampai awal tahun 2010. Kecepatan transfer USB 3.0
ini hingga 5 Gb/s (625 MB/s).
2.10.6.4
Desain dan komponen
Pada
flash drive USB, salah satu ujungnya dilengkapi dengan plug standar-A USB
tunggal. Di dalam casing plastik merupakan dicetak papan sirkuit kecil, yang
memiliki beberapa sirkuit listrik dan sejumlah kecil permukaan-mount sirkuit
terpadu (IC).
Ada 4 bagian komponen
flash drive:
1. Standar-A konektor USB
2. USB mass storage controller
3. NAND flash memory chip (s)
4. Osilator Kristal
Komponen-komponen
tambahan pada USB Drive
1. Jumper dan pin uji
2. LED
3. Write-protect switch
4. Berpenghuni space
5. USB penutup konektor atau cap
6. Transportasi bantuan
2.10.6.5
Menjaga dan merawat Flashdisk
Banyak cara untuk merawat
dan menjaga flashdisk, antara lain:
1. Jangan sering jatuh atau berbenturan
dengan benda keras.
2. Jauhkan dari suhu panas atau suhu
dingin secara langsung.
3. Jauhkan dari medan magnet tinggi
seperti speaker, dan lain sebagainya.
4. Simpan flashdisk ditempat yang benar
da mudah diingat, karna disamping ukurannya kecil, flashdisk juga memiliki arti
yang penting.
5. Usahakan selalu ada copy data
cadangan atau backup, seperti dikomputer/laptop, web side, email, dan lain
sebagainya.
6. Lakukan scanning secara rutin,
terlebih sering berpindah-pindah perangkat keras.
7. Jangan lengsung mencabut flashdisk
ketika selesai digunakan agar tidak rusak datanya.
8. Sabaiknya tidak bekerja atau mengedit
langsung pada di dalam flashdisk.
9. Pilih merek flashdisk yang baik dan
bergaransi.
10. Jangan sering melakukan format
terhadap flashdisk.
2.10.7
Media Penyimpanan Lainnya
Seiring
perkembangan zaman berbagai media penyimpanan sudah berkembang pesat sebenarnya pola penyimpanan seperti
pergabungan antara flashdisk dan kamera, tetapi dirancang dalam bentuk yang
berbeda, dapat dikatakan ini merupakan media penyimpanan dengan menggunakan
kamera, dan hasil yang didapat adalah gambar dan suara, antara lain pena, kancing baju, kaca mata, gantungan
kunci, dan korek api.
0 komentar:
Posting Komentar