6. 1.1
Pengertian Presentasi
Presentasi merupakan salah satu bentuk
komunikasi, presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik,
pemdapat, ataupun informasi kepada orang lain.
6.1.2
Unsur-unsur pokok presentasi
1) Presenter, adalah pihak yang melakukan
presentasi
2) Audience, adalah peserta presentasi
3) Tools, adalah media atau alat presentasi
6.1.3
Jenis presentasi berdasarkan sifat medianya
:
1) Presentasi Audio : presentasi yang
menggunakan media suara
2) Presentasi Visual : presentasi yang
menggunakan media gambar
3) Presentasi Audio Visual : presentasi yang
menggunakan media suara dan gambar seperti video
6.2 Dasar
Microsoft Power Point 2010
Microsoft
Power Point 2010 adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah
presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point
akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika
dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan
slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang
dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di
layar monitor komputer.
6.2.1
Mengoperasikan Power Point 2010
1) Klik tombol Start Menu pada windows taksbar
2) Klik All Program > Microsoft Office >
Microsoft Powerpoint 2010 > maka akan muncul jendela PowerPoint.
6.2.2
Membuka Dokumen
Untuk memulai membuat presentasi maka langkah
pertama adalah membuat file baru dengan memanfaatkan perintah file>new sehingga
akan muncul kotak dialog seperti berikut :
Pada command new ada beberapa pilihan diataranya
:
- Blank presentasi : presentasi kosong
- Recent template : dari template yang terakhir
dibuka/pernah dibuka
- Sample templates : dari template yang telah
disediakan
- My templates : dari template yang telah dibuat
- New from existing : membuat dokumen dari
presentasi yang sudah ada
- Office.com templates : membuat dokumen dari
office.com, komputer harus online
6.2.3
Menyimpan Dokumen
Pada perintah penyimpanan dokumen pada perangkat
lunak presentasi terdapat hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
·
Save -
untuk menyimpan file baru (yang belum ada nama)
·
Save as -
untuk menyimpan file yang sudah ada namanya
dan akan diganti dengan nama baru. Simpan dengan
ektensi
file *.pptx
Menutup Aplikasi
Bila sudah selesai untuk membuat, membaca
ataupun editing suatu dokumen maka diperlukan suatu proses untuk menutup
pekerjaan tersebut. Pada perintah proses menutup dokumen hal yang perlu
diperhatikan, yaitu:
·
Close -
menutup dokumen yang sedang terbuka namun aplikasi tetap aktif
·
Exit -
mengakhiri aplikasi perangkat lunak presentasi
Editing Dokumen
Saat membuat presentasi pasti akan memerlukan
proses editing. Pada Microsoft Power Point 2010 sudah digolongkan pada tab-tab
menu sehingga mudah untuk menggunakannya. Tab-tab menu tersebut di adalah
sebagai berikut :
·
File -
menampilkan menu dari commands yang digunakan untuk membuat, membuka, menyimpan
, preview, cetak presentasi.
·
Home -
editing tampilan isi/teks slide presentasi
·
Insert -
menyisipkan suatu obyek ke slide presentasi
·
Design -
mengatur design layout/tampilan presentasi
·
Transitions
- mengatur transisi/pergerakan isi presentasi
·
Animations
- memberikan efek animasi pada presentasi
·
·
Slide
Show - mengatur jalannya presentasi
·
Review - memeriksa
isi presentasi
·
View -
mengatur tampilan slide presentasi
Tab File
Tab file merupakan suatu tab untuk menampilkan
menu dari commands yang digunakan untuk membuat, membuka, menyimpan , preview,
cetak presentasi.
kumpulan command yang ada di tab file, dapat
dijelaskan sebagai berikut:
·
Save -
untuk menyimpan file baru
·
Save as -
untuk menyimpan file yang sudah ada namanya dan akan diganti dengan nama baru
·
Open
-membuka dokumen yang sudah pernah dibuat
·
Close
-menutup dokumen presentasi
·
Info -
memberikan informasi tentang presentasi yang sedang aktif/terbuka, misalnya
informasi tentang ijin sharing dan hak akses
·
Recent -
memberikan daftar presentasi yang pernah dibuka
·
New -
membuat presentasi baru
·
·
Print -
preview dan print dokumen presentasi, pada command print terdapat setting untuk
pencetak dokumen. Diantaranya pemilihan jenis printer, banyaknya dokumen yang
dicetak, slide yang akan dicetak, setting warna serta lainnya.
·
Save and
send - mempublish presentasi yang sedang berjalan dalam bentuk lain dan disisipkan
ke imel
·
Help -
mendapatkan bantuan
·
Exit -
untuk keluar dari aplikasi power point
Tab Home
Pada tab home berisi button editing tampilan
isi/teks slide presentasi. Dalam tab home terdiri dari group button clipboard,
slides, font, paragraph, drawing, editing
·
Slides
Group button slides untuk mengatur tata
letak/layout slide.Buttons Slides terdiri dari command new slide, layout,
reset, dan section.
A. New Slide
Menambah slide baru pada presentasi yang aktif
B. Layout
Mengandung format, posisi dan penempatan untuk
semua konten yang muncul pada slide.
C. Reset
Untuk mengembalikan ke posisi default.
D. Section
Mengelompokan slide-slide agar mudah
mengidentifikasi tema slide presentasi. Misalnya untuk tampilan slide disamping
dibuat 2 section, yaitu section sales dan marketing.
·
Drawing
Drawing merupakan Group button yang menyediakan
tool dan obyek untuk menggambar sesuatu di slide. Pada drawing juga menyediakan
text box sebagai tempat untuk menuliskan teks.
Tab Insert
Tab Insert berisi group tab yang difungsikan
untuk menyisipkan sesuatu obyek ke dalam presentasi. Obyek-obyek yang
disisipkan diantaranya adalah tabel, gambar, link, teks, symbol, video serta
audio.
·
Tables
Group button tables berfungsi untuk menyisipkan
obyek table ke dalam slide.
Pada saat table disisipkan ke dalam slide maka
akan muncu tab design dan layout tabel . Dengan adanya tab design maka table
dapat diatur tampilan header table, diberi style , pemberian warna, border
dan lain sebagainya.
Dengan munculnya tab layout maka table dapat
ditambahi baris dan kolomnya, dapat diatur pula ukuran height dan widthnya.
Untuk posisi teks dalam table dapat diatur pada tab layout
·
Images
Group tab images berfungsi untuk menyisipkan
obyek gambar ke dalam slide.
A. Photo Album
Tidak hanya menyisipkan gambar tetapi juga bisa
membuat photo album. Dengan tampilnya foto atau gambar dalam presentasi
PowerPoint dapat membantu untuk menangkap perhatian audiens. Photo Album yang
sudah dibuat masih bisa di edit.
Pada saat klik pada photo Album > new photo
album maka akan muncul kotak dialog seperti di atas. Terlihat beberapa fitur
untuk pembuatan photo album, yaitu :
·
File/disk
: untuk mencari file image yang akan ditampilkan dislide
·
New Text
Box : menyisipkan teks pada satu slide tersendiri
·
Pictures
in album : urutan tampilan file image pada slide
·
Album
Layout : model layout dari image, secara default fit to slide (ukuran
image sama dengan slide)
·
Theme
: untuk menentukan tema photo album
Pada saat membuat photo album , hal tersebut
sama artinya dengan file presentasi baru.Seperti gambar berikut terlihat hasil
dari photo album. Pada jendela pictures in album (gambar kiri) terdapat 3 image
maka photo album yang dihasilkan terdiri dari 4 slide (1 slide berisi judul dan
3 slide ).
·
Illustrations
Group button ilustration berisi obyek shapes,
smart art,chart.
Dengan menggunakan obyek shapes, smart art,chart
maka presentasi akan lebih menarik dan tidak hanya didominasi text yang
membosankan.
·
Link
Pada Group button link terdiri dari command hyperlink dan action.
Pada Group button link terdiri dari command hyperlink dan action.
A. Dalam PowerPoint, hyperlink dapat
koneksi dari satu slide ke slide lain slide dalam presentasi yang sama atau
untuk slide dalam presentasi lain, alamat e-mail, halaman Web, atau file dalam
format lain.
Seteh mengklik button hyperlink maka akan muncul
kotak dialog untuk setting hyperlik, sepereti gambar dibawah di atas. Terdapat
pilihan tujuan untuk me-link-kan ke slide atau file tertentu.
·
Existing
File or Web Page : koneksikan ke file lain atau halaman web tertentu
·
Place In
This Document : koneksi ke slide lain dalam file presentasi yang sama
·
Create
New Document : koneksikan ke file baru
·
E-mail
Address : koneksikan ke alamat imel tertentu
Hyperlink dapat dibuat dari teks atau from objek
lain seperti a picture, graph, shape, atau WordArt. Teks yang telah diberi
hyperlink akan ditandai dengan teks bergaris bawah.
B. Action
Button action pada dasarnya mempunyai fungsi
yang hampir sama dengan hyperlink yaitu mengandung perintah koneksikan ke
tujuan tertentu namun pada action dilengkapi dengan aksi (event) tertentu bila
mouse mengklik (mouse click) atau melewati obyek (mouse Over).
Action dapat diberikan ke teks atau from objek
lain seperti a picture, graph, shape, atau WordArt. Aksi-aksi yang bisa
dilakukan pada saat mouse click ataupun mouse over adalah :
·
None
: tanpa suatu aksi
·
Hyperlink
to : obyek dikoneksikan pada slide atau file tertentu
·
Run
Program : bila mouse dieksekusi maka jalankan program tertentu
·
Run Macro
: bila mouse dieksekusi maka akan menjalankan makro
Pada action juga dapat dilengkapi suara(sound)
ketika event mouse click ataupun mouse over.
·
Text
Group button text bertugas untuk menyisipkan
obyek-obyek teks seperti text box, header footer, wortArt, date&time
(pemberian tanggal dan waktu pada presentasi), penomoran slide (slide number),
menyisipkan obyek. Group button text seperti yang terlihat pada gambar berikut.
A. Slide Number
Slide number merupakan button untuk menyisipkan
penomoran pada tiap slidenya. Secara default slide number berada di pojok kanan
bawah dari slide. Setting Slide number termasuk ke dalam header and footer ,
Ketika button slide number di tekan maka akan muncul kotak seperti berikut :
·
Media
PowerPoint telah menyuguhkan fasiltas multimedia
yang memungkinkan pengguna untuk secara efektif memanfaatkan kekuatan bercerita
audio dan isi video. Pada power point 2010 ini dilengkapi pemutaran media
teknologi PowerPoint, memperbaiki seluruh alur kerja media termasuk penyisipan,
mengedit, dan distribusi dan presentasi. Pada Group button media terdiri atas
penyisipan video dan audio.
A. Video
Video bisa jadi dapat memaximalkan hasil suatu
presentasi. Format file yang dapat di sisipkan ke dalam presentasi diantaranya:
avi, mpeg, mpa, wmv, mov, mp4, swf. Terdapat 3 pilihan ketika akan menyisipkan
ke dalam slide yaitu seperti gambar dibawah ini :
·
Video
From File : video berasal dari file video yang sudah disediakan oleh user.
Pada saat video sudah insertkan pada slide maka
otomatis akan muncul tab baru, yaitu format dan playback, yang berguna untuk editing
video serta memainkannya.
Playback berisi perintah-perintah untuk
fasilitas untuk member tambahan efek pada video. Misalnya pada group button
editing terdapat trim video(memotong video),fade duration (mengatur proses
kemunculan video).
Dapat juga diatur besarnya volume video. Video
dapat juga ditampilkan secara full screen dan berulang (looping).
Dari gambar diatas data dijelaskan bawah tab
format dapat memberikan fasiltas untuk koreksi warna, brightness, memberikan
style, dapat merubah tampilan sesuai dengan shape yang dipilih, memberikan
border pada video serta memberi efek shadow pada video. Selain itu dapat juga
merubah ukuran dimensi dari video yang ada dislide.
·
Video
From Website
Video dari website tertentu misal
www.youtube.com ditampilkan ke dalam slide presentasi dengan cara diembedkan.
Video yang sudah diembed akan tampil sama persis
seperti melihatnya di Youtube. Untuk mengklik tombol play untuk memulai video
dapat menggunakan kontrol timeline seperti biasa. Pada video yang berasal dari
web site tidak dapat menerapkan beberapa efek ke video Youtube seperti pada
video from file.
·
Clip Art
Video
Video berasal dari clip art video. Pada saat
video sudah insertkan pada slide maka otomatis akan muncul tab baru, yaitu
format , sama dengan format pada video from file.
B. Audio
Audio merupakan tambahan suara/sound yang
digunakan untuk melengkapi presentasi. Audio ini hanya berlaku perslide, bila
pindah slide maka audio akan berhenti. Pada saat menyisipkan audio terdapat 3
pilihan seperti yang terlihat pada gambar berikut :
·
Audio
From File : audio yang berasal dari file yang sudah disediakan oleh user.
Format file audio yang dapat diinsertkan pada presentasi diantaranya adalah
aif, aiff, au, rmi, mp3, wma, mid, midi, wav,3gp, aac, mp4. Tampilan hasil
penyisipan audio form file seperti contoh gambar diatas.
·
Clip Art
Audio : audio yang berasal dari clip art audio yang sudah disediakan
Office Power Point 2010
·
Record
Audio : audio berasal dari suara yang direkam. Ketika dipilih button
insert > audio > record audio maka akan tampil kotak dialog seperti
gambar di bawah.
Pada tab design berfungsi untuk mendesain
tampilan dari slide-slide presentasi agar lebih cantik dan menarik. Pada tab
design ini terdiri dari beberapa group button diantaranya page setup, themes,
dan background.
·
Page
Setup
Group button page setup difungsikan untuk
mengatur ukuran dari slide, jumlah slide, orientasi tampilan slide serta
handout.
·
Themes
Themes/ tema menggunakan kombinasi warna tema,
tema font, dan efek tema Tema dapat diterapkan ke file sebagai pilihan ke suatu
presentasi untuk menyederhanakan proses menciptakan presentasiyang profesional.
Tema warna, font, dan efek tidak hanya bekerja dalam PowerPoint, tetapi mereka
juga tersedia di Excel, Word, dan Outlook sehingga presentasi, dokumen, lembar
kerja, dan e-mail dapat melihat kohesif.
Power point sudah menyediakan beberapa themes
yang langsung dapat digunakan seperti gambar diatas. Namun bila themes yang
disediakan tidak sesuai dengan presentasi yang akan dibuat maka dimungkinkan
untuk menggunakan themes yang terlebih dibuat user dan disimpan dalam extensi
potx .
User dapat juga membuat themes sendiri dengan
memanfaatkan color , font serta efect yang terdapat pada group tab themes.
·
Background
Group button background difungsikan untuk
mendesain tampilan background dari suatu slide presentasi. Secara default
terdapat 2 button yaitu background style dan hide background graphic.
Pada kotak dialog background styles terdapat
pilihan untuk memilih format background serta reset slide background (kembali
ke format default). Bila memilh membuat background dari command format
background maka akan terbuka kotak dialog seperti dibawah , dimana secara
garis besar terdapat 4 gologan format yaitu fill, picture corrections, picture
color, artistic effects.
Pada format background > fill terdapat
pilihan untuk menggunakan membuat background dengan memanfaatkan fitur-fitur
berikut:
·
Solid
Fill : warna solid
·
Gradient
Fill : warna gradasi
·
Picture
or Texture Fill : background berasal dari file image, clipart
ataupuntexture yang telah disediakan oleh power point
·
Pattern
Fill : background berasal dari pola yang telah disediakan oleh power point
·
Tile
: background dibuat tile (gambar ukuran kecil-kecil dan berulang)
·
Transparency
: memberikan efek transparan pada background
Pada kotak dialog format background > picture
corrections terdapat seting untuk mengatur ketajaman background (sharpen and
soften), tingkat kecerahan dan kekontrasan (brightness and contrast).
Tab Transitions
Tab transitions berfungsi untuk mengatur
pergerakan perpindahan antar slide. Tab transitions terdiri atas group button
preview (untuk melihat pergerakan trasisi), transition to this slide serta
timing .
Animasi transisi antar slide dalam presentasi
merupakan salah satu bumbu yang dapat digunakan untuk meningkatkan perhatian
audiens terhadap presentasi yang digunakan. Namun seperti yang diuraikan di
atas, maka presentasi yang berlebihan juga akan dapat mengganggu konsentrasi
dan fokus audiens.
·
Transitions
to this slide
Transition to this slide merupakan style pada
pergerakan perpindahan antar slide. Style transisi pada Power point 2010 lebih
power full, atraktif dan menarik daripada pendahulunya.
Selain dapat memilih style/model pada pergerakan
antar slide dapat juga diatur arah pergerakan pada masing-masing style transisi
dan masing-masing style transisi mempunyai setting option effects yang
berbeda-beda pula. Seperti misalnya contoh dibawah
·
Timing
Group button timing berfungsi untuk mengatur
waktu transisi. Seperti yang terlihat pada group tab timing berikut ini :
·
Sound
: memberikan efek sound pada pergantian slide
·
Duration
: mengatur waktu transisi slide
·
On Mouse
Click : slide akan mulai bertransisi bila mouse diclick
·
After
:
·
slide
akan otomatis perpindah ke slide berikutnya sesuai waktu yang disetting,
misalnya "after 00:06:00" artinya slide bertransisi ke
slide berikutnya secara otomatis setelah 6 detik setelah kemunculan slide
tersebut.
Tab Animations
Tab animations berfungsi untuk mengatur
pergerakan/ memberi animasi ke teks ataupun semua obyek yang ada dislide.
Tab animations berisi beberapa group button diantaranya, preview (untuk
melihat hasil animasi), animation, advanced animation serta timing.
·
Animation
Group button animation berisi daftar macam-macam
animasi yang bisa di berikan ke teks maupun obyek yang ada dislide.
Animasi pada slide dalam presentasi merupakan
salah satu fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan perhatian audiens
terhadap presentasi yang digunakan. Namun seperti yang diuraikan di atas,
maka presentasi yang berlebihan juga akan dapat mengganggu konsentrasi
audiens.
Berdasarkan gambar di atas secara garis besar,
command animation ini dikelompokkan dalam 4 bagian, yaitu :
·
Entrance
: untuk memberikan efek animasi masuk pada slide, misalnya efek appear,
fade
·
Emphasis
: untuk memberikan efek animasi pada transisi slide yang sedang
berlangsung, misalnya pulse, teeter
·
Exit
: digunakan untuk memberikan efek animasi keluar dari layar, misalnya
efek disappear, wipe
·
Motion
Path : untuk memberikan efek animasi dengan gerak mengikuti pola garis ata
shape yang digunakan, misalnya efek line, shape
Secara default masing-masing efek diatas
mempunyai arah tersendiri. Adakalanya arah pergerakan tidak sesuai yang
user inginkan, oleh karena itu Power Point 2010 telah menyediakan button
effect option untuk memberikan beberepa pilihan untuk mengatur arah
pergerakan dari efek animasi yang diberikan ke teks ataupun obyek.
Masingmasing efek animasi memiliki effect option yang berbeda pula.
Berikut adalah beberrapa contoh efek animation beserta dengan effect
option. Misalnya efek wipe mempunyai effect option direction(pengaturan
arah) dan sequence (rangkaian)
·
Advanced
Animation
Group button advanced animation memberikan
fitur-fitur tambahan pada pemberian animasi obyek. Group button in terdiri
atas button add animation, animation pane, trigger (pemicu) serta
animation painter (copy format animasi)
A. Add Animation
Fungsi add animation hampir sama dengan
animation, namun bedanya kalau animation memberikan efek animasi pada
urutan 1 terhadap suatu obyek sedangkan add animation adalah animasi
tambahannya pada obyek tersebut karena pada suatu obyek memungkin
diberikan efek animasi lebih dari 1.
Animasi-animasi pada add animation juga terbagi
menjadi 4 golongan, yaitu :
·
Entrance
·
Emphasis
·
Exit
·
Motion
Path
B. Animation Pane
Bila button animation pane maka akan muncul
kotak dialog animation pane yang muncul disebelah kanan slide.
·
Timing
Group tab timing berfungsi untuk mengatur waktu
transisi. Seperti yang terlihat pada group tab timing berikut ini :
A. Start : memberikan 3 pilihan untuk
memulai presentasi, pilihannya yaitu :on clik, with previous dan after
previous
B. Duration : mengatur lama waktu animasi
obyek di presentasi
C. Delay : waktu tunda
D. Reorder Animation : untuk mengatur
urutan kemunculan suatu obyek
Tab Slide Show
Tab Slide Show bertugas untuk mengoperasikan
slide untuk show(ditampilkan), diantaranya bagaimana untuk memulai,
menyembunyikan slide tertentu dan lain sebagainya. Tab slide show terdiri
dari beberapa group diantaranya start slide show, set up, monitors.
·
Start
Slide Show
Group button start slide show berfungsi untuk
menseting kemunculan slide-slide saat presentasi.
A. From Beginning : Presentasi dimulai dengan
menampilkan slide 1
B. From Current Slide : Presentasi dimulai dengan
menampilkan slide yang sedang aktif (slide kursor aktif)
C. Broadcast Slide Show : Broadcast Slide Show merupakan
fitur di PowerPoint 2010 yang memungkinkan presenter untuk berbagi
tampilan slide dengan siapapun, dimanapun, melalui Web. Dengan mengirimkan
link (URL) untuk audiens, dan kemudian semua orang yang diundang melihat
tampilan slide dalam browser mereka (audiens).
Presenter dapat mengirim URL untuk slide ke
peserta melalui e-mail. Selama presentasi berlangsung, presenter dapat
menghentikan sementara tampilan slide setiap saat, kembali mengirim URL
tersebut ke peserta, atau beralih ke aplikasi lain tanpa mengganggu siaran
atau menampilkan desktop presenter untuk audiensnya.
Dengan Broadcast Slide Show pada Microsoft
PowerPoint 2010, presenter dapat mengirimkan sebuah presentasi secara
langsung kepada seseorang atau teman anda melalui Web browser.*
Dan di Office Web Apps memungkinkan orang lain membuat dokumen
secara bersamaan, bahkan ketika user tidak sedang behadapan
sekalipun.
D. Custom Slide Show : custom slide show merupakan suatu
perintah untuk memilih slide mana saja yang akan ditampilkan saat
presentasi
proses untuk men-custom slide-slide yang
akan ditampilkan pada sesi presentasi. Misalnya seperti contoh gambar
diatas dalam suatu file presentasi mempunyai 6 slide namun hanya slide 1,
2 dan 6 saja yang akan didiperlihatkan dalam presentasi.
·
Set Up
Group button Set up menangani beberapa custom
untuk sesi slide show diantaranya:
A. Hide Slide : menyembunyikan slide-slide sehingga
tidak muncul dalam sesi presentasi namun slide tersebut tetap ada di file
presentasi powerpointnya.
B. Rehearse Timings : untuk timing waktu merekam sesi
presentasi
C. Record Slide Show : proses merekam sesi presentasi
D. Set Up Slide Show : untuk memilih tipe tampilnya
presentasi apakah slide full scree, bisa juga presentasi disetting tanpa
narasi (show without naration), tanpa animasi (show without animation).
Dapat juga diseting warna dari pensil slide (pen color), warna laser
pointer (laser pointer color),dapat juga memilih slide yang akan
ditampilkan dalam presentasi.
·
Monitors
Group tab monitor digunakan untuk menentukan
resolusi computer yang digunakan pada saat presentasi.
Tab Review
Tab review digunakan untuk mengecek spelling
(ejaan dari teks), research, translate dan lain sebagainya.
Tab View
Tab view berfungsi untuk memilih tampilan saat
editing file presentasi, tab ini terdiri group button presentation views,
masters views, show, zoom, color/gray scale, window serta macros.
·
Presentation
View
Presentation views terdiri atas button untuk
mengolah tampilan file presentasi dilayar monitor. Terdapat 4 tampilan
presentasi, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada keterangan berikut :
·
Normal :
menampilkan presentasi secara tampilan normal dengan list slide dan slide aktif
·
Slide
Sorter : tampilan yang memudahkan untuk mengatur ulang posisi urutan slide
·
Notes
Page : dengan notes page dapat memperlihatkan catatan persenter lebih jelas
sehingga dapat lebih mudah mengedit
·
Reading
View : menampilkan slide secara full screen
·
Master
Views
Group tab master views menampilkan master pada
slide, handout serta notes.
A. Slide Master
Slide master merupakan hirarki teratas ada slide
yang menyimpan informasi tentang tema dan layout slide presentasi,
termasuk warna, latar belakang, font, efek, ukuran placeholder, dan
positioning.
Dengan membuka slide master view maka dapat
digunakan untuk mengedit layout dan design pada slide master. Slide master
bisa digunakan untuk kepentingan pembuatan template themes pada power
point yang disesuiakan dengan kebutuhan dan keinginan user.
Setiap presentasi berisi paling tidak satu slide
master. Manfaat utama untuk memodifikasi dan menggunakan master slide
bahwa user dapat membuat perubahan gaya universal untuk setiap slide dalam
presentasnya, termasuk yang ditambahkan kemudian ke presentasi. Saat
menggunakan slide master, user menghemat waktu karena user tidak perlu
mengetik informasi yang sama pada lebih dari satu slide. Misalnya pada
tiap slide muncul logo sekolah maka logo tersebut cukup sekali
diinsertkanpada slide master.
Pada saat slide master aktif maka akan muncul
tab baru untuk membantu editing slide master, seperti pada berikut ini.
Dari gambar ribbon dari tab slide master dapat
dilihat bahwa button-button pada tab tersebut memiliki fungsi diantaranya
:
·
Insert
Slide Master : untuk menyisipkan slide master baru
·
Insert
Layout : untuk menyisipkan layout baru pada slide master
·
Insert
Placeholder : untuk menyisipkan objek, text, picture, chart, table, smart art,
media dan clip art pada master slide
·
Themes
: untuk membuat/merubah themes pada slide master, themes
tersebut juga meliputi, pewarnaan, font serta effect
·
Background
: untuk membuat background pada slide master
·
Page
Setup : Mengatur ukuran slide master.
·
Slide
Orientation : menentukan orientasi dari slide pada slide master.
B. Handout Master
Dengan membuka view dari handout master maka
user dapat merubah setingan bentuk dari handout yang akan di
cetak. Pada saat view handout master terbuka maka akan muncul tab handout
master yang berisi ribbon untuk pengaturan handout presentasi ketika
dicetak.
·
Page
Setup : untuk membuka kotak dialog setup slide, seperti yang telah
diterangkan di tab design
·
Handout
Orientation : untuk menentukan hasil presentasi yang tercetak akan dicetak
dalam format portrait (tegak) ataukah landscape (mendatar)
·
Slide
Orientation : untuk menentukan slide presentasi dalam format portrait (tegak)
ataukah landscape (mendatar)
·
Slide Per
Page : untuk menentukan berapa slide yang terdapat pada tiap
handoutnya. secara default terdapat 6 slide pada tiap handout.
·
Placeholders
:
·
Dengan
placeholders : untuk menempatkan/menyisipkan header-footer-datepage number
pada tiap handout
·
Edit Theme
: Edit theme digunakan untuk merubah theme dari slide
·
Baackground
: untuk merubah background dari slide handout presentasi.
C. Notes Master
Notes master digunakan untuk membuat master
catatan/notes pada slide. Ketika notes master diaktifkan maka akan muncul
tab notes master yang fungsinya sama dengan tab handout master.
·
Show
Group button Show pada tab view mempunyai fungsi
untuk menampilkan ruler (penggaris diatas dan kiri slide) , gridlines
serta guides pada slide. Untuk menampilkan fungsi-fungsi tersebut dapat
dilakukan dengan mencentang kotak yan tersedia pada group tab show.
·
Rules :
menampilkan penggaris di sisi atas dan samping kiri slide untuk mempermudah
peletakan obyek-obyek pada power point.
·
Gridlines
: menampilkan grid pada slide, untuk mempermudah mereorganisasi dan meletakan
obyek pada slide.
·
Guides :
dapat menunjukan koordinasi X dan Y pada slide.
·
Zoom
Group button zoom berfungsi untuk mengatur besar
kecilnya tampilan slide pada layar monitor. Ketika klik button zoom maka
akan muncul kotak dialog untuk mengatur pembesaran atau pengecilan
tampilan besarnya slide seperti gambar diatas. Pada saat klik button fit
to window maka slide akan tampil sebesar window slide (104%)
·
Color/Grayscale
Group button Color/Grayscale mempunyai beberapa
button yang berfungsi mengatur warna tampilan slide dari presentasi.
Secara garis besar terdapat 3 macam pilihan tampiilan warna slide, yaitu
full color, grayscale (keabu-abuan), black and white (hitam-putih).
A. Color
Pada pilihan color, slide akan tampil berwarna
sesuai dengan setting warna yang telah ditentukan sebelumnya.
B. Grayscale
Untuk grayscale akan menghasilkan tampilan
berwarna keabu-abuan.
C. Black and White
menghasilkan tampilan berwarna hitam dan putih
Pada saat memilih mode untuk tampilan slide maka
akan muncul tab baru untuk mengatur lebih detail mode Grayscale dan black
and white pada slide. Adapun tab tersebut adalah seperti dibawah berikut
ini:
·
Automatic
: Secara otomatis akan merubah obyek yang terpilih menjadi warna hitam
putih
·
Grayscale
: Secara otomatis akan merubah obyek/background yang terpilih
menjadi warna keabu-abuan
·
Light
Grayscale : akan merubah obyek/background yang terpilih menjadi warna
keabu-abuan namun hasilnya lebih terang dari pada grayscale, terlihat
seperti ada lightingny/cahaya
·
Inverse
Grayscale : Akan menghasilkan warna berlawanan dari aslinya, misal putih
diubah jadi hitam.
·
Gray with
White Fill : Menghasilkan warna kebua-abu namun cenderung ke arah warna
putih
·
Black
with Grayscale Fill : Menghasilkan warna kebua-abu namun cenderung kearah
warna hitam
·
Black
with White Fill : Menghasilkan warna hitam dengan fill yang berwarna putih
·
Black
: Menjadikan obyek yang terpilih menjadi warna hitam
·
White
: Menjadikan obyek yang terpilih menjadi warna putih
·
Don't
Show : menjadikan obyek yang terpilih tidak terlihat karena warna obyek
tersebut disamakan dengan warna backgroundnya.
·
Back to
Color View : Kembali ke mode full color
·
Window
Pada group button windows berfungsi untuk
mengatur tampilan window dari program power point
·
Switch window :
untuk berpindah dari satu window satu ke window lainnya.
·
New
Window : akan terbuka window baru untuk file power point yang sama
·
Arrange
All : bila ada lebih dari satu file program PowerPoint yang aktif, maka akan
ditayangkan semua di windows dengan membagi sama rata besarnya tampilan
·
Cascade :
File PowerPoint akan ditampilkan secara bertingkat.
4. Mencetak Dokumen
Perangkat lunak presentasi power point 2010
memang digunakan untuk mempresentasikan suatu hasil kerja dengan
menggunakan computer dan LCD, namun tidak mungkin isi dari presentasi
tersebut dibutuhkan dalam bentuk cetak kertas. Untuk kebutuhan cetak file
hasil power point biasanya dicetak dalam bentuk handout. Kebutuhan cetak file
hasil power point biasanya dicetak dalam bentuk handout.
Handout sangat berguna bagi audiens pada saat
presentasi karena dapat digunakan sebagai panduan tentang slide yang telah
ditayangkan. Selain itu, audien dapat handout membaca dilain
waktu. Berikut adalah kotak dialog untuk proses mencetak.
Dari gambar diatas terlihat terdapat beberapa
seting untuk keperluan cetak hasil presentasi, seting tersebut meliputi :
·
Print
Pada setting print terdapat Copies untuk
menentukan banyaknya slide yang tercetak tiap slidenya.
·
Printer
Untuk menentukan jenis printer yang digunakan
untuk mencetak slide presentasi Pada printer terdapat pula dialog untuk
printer properties. Dimana printer properties digunakan untuk menentukan
jenis dan ukuran kertas serta untuk menentukana orientasi percetakan
apakah tegak atau mendatar.
·
Setting
Pada terdiri dari pemilihan slide, print layout,
collated, color serta edit untuk header & footer.
A. Slides
Pada kotak slide merupakan tempat untuk
menuliskan slide ke berapa saja yang ingin dicetak. Selain itu dapat
juga menentukan slide yang akan dicetak dengan membuka setting slide pada
button arrow slides (Secara default yang terlihat adalah teks print all
slides).
·
Print All
Slides : cetak semua slide
·
Print
Selection : cetak hanya slide yang dipilih
·
Print
Current Slide : Cetak slide yang sedang aktif
·
Custom
Range : menentukan slide-slide yang akan dicetak
·
Print
Hidden Slides : cetak slide yang di hidden
B. Print Layout
Pada print layout terdapat pilihan untuk
mencetak slide secara full page slides (1 slide untuk 1 halaman penuh),
notes pages, outline dan handout.
C. Collated
Klik list Collated, dan kemudian memilih apakah
slide yang akan dimencetak disusun atau uncollated.
D. Color
Terdapat 3 pilihan warna untuk mencetak dengan
full warna (color), grayscale (keabu-abuan), pure black and white
(hitam-putih)
E. Edit Header & Footer
Ketika edit header&footer diklik maka
akankotak dialog untuk menyisipkan header footer.
0 komentar:
Posting Komentar